Metode Penelitian Kuantitatif

Setiap penelitian selalu berangkat dari permasalahan. dalam penelitian kuantitatif permasalahan yang ada harus sudah jelas. metode penelitian kuantitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan atas filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampeltertentu, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif statistika dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. metode penelitian kuantitatif dikatakan juga metode penelitian dengan data berupa angka dengan analisis menggunakan statistika.

Jenis Metode Penelitian Kuantitatif

Menurut beberapa ahli dalam penelitian kuantitatif terdapat beberapa metode atau jenis penelitian yang digunakan, diantaranya sebagai berikut :deskriptif

metode deskriptif

merupakan suatu pencarian fakta menggunakan interprestasi yang tepat. Dalam penelitian ini mempelajari tentang masalah-masalah yang ada didalam masyarakat dan juga tata cara yang digunakan dalam masyarakat serta dalam situasi-situasi tertentu.

Metode komparatif

Komparatif sering dilakukan pada jenis penelitian yang mengarag pada perbedaan variabel dalam suatu aspke yang diteliti. Dalam penelitian ini tidak terjadi sebuah manipulasi dari peneliti, hingga datanya benar-benar akurat.

Penelitian ini dilakukan sealami mungkin dengan melakukan pengumpulan data dengan suatu perintah. Dan hasilnya dapat dianalisa secara statistik untuk mencari suatu perbedaan variabel yang sedang diteliti.

Korelasi

Merupakan metode penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk menggambarkan dua atau lebih fakta dan juga sifat-sifat objek yang sedang diteliti.

Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan antar persamaan dengan perbedaan atau fakta berdasarkan kerangka pemikiran yang sudah ada shingga hasilnya dapat terlihat jelas.

ex-post facto

Metode ini merupakan metode yang sering digunakan untuk penelitian yang sedang meneliti hubungan antara sebab dan akibat yang dapat dimanipulasi oleh peneliti.

Adanya hubungan seba dan akibat berdasarkan atas kajian teoritis, jika suatu variabel tertentu dapat mengakbitakan variabel tertentu lainya

Survey

Survei adalah alat yang paling mendasar untuk semua metodologi dan studi penelitian kuantitatif. Survei digunakan untuk mengajukan pertanyaan kepada sampel responden, menggunakan berbagai jenis cara seperti jajak pendapat online, survei online, kuesioner kertas, survei intersepsi web, dan lain-lain.

Setiap organisasi kecil dan besar berniat untuk memahami pendapat pelanggan tentang produk dan layanan mereka, seberapa bagus fitur baru di pasar dan detail lainnya.

Dengan melakukan penelitian survei, sebuah organisasi dapat mengajukan beberapa pertanyaan survei, mengumpulkan data dari kumpulan pelanggan dan menganalisis data yang dikumpulkan ini untuk menghasilkan hasil numerik. Ini adalah langkah pertama menuju pengumpulan data untuk penelitian apa pun.

Penelitian Eksperimental

Juga dikenal sebagai eksperimen sejati, metode penelitian ini bergantung pada teori. Penelitian eksperimental seperti namanya, biasanya didasarkan pada satu atau lebih teori. Teori ini belum dibuktikan di masa lalu dan hanyalah anggapan.

Dalam penelitian eksperimental, analisis dilakukan sekitar membuktikan atau membantah pernyataan itu. Metode penelitian ini digunakan dalam ilmu alam. Mungkin ada beberapa teori dalam penelitian eksperimental.

Teori adalah pernyataan yang dapat diverifikasi atau disangkal. Setelah membuat pernyataan, upaya dilakukan untuk memahami apakah itu sah atau tidak. Jenis metode penelitian kuantitatif ini terutama digunakan dalam ilmu alam atau sosial karena ada berbagai pernyataan yang perlu dibuktikan benar atau salah.

Referensi

Nazir, Muhammad. 2002. Metode penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

http://www.pelajaran.co.id/2016/21/jenis-jenis-metode-dalam-penelitian-kuantitatif-dan-pengertian-terlengkap.html

http://www.kelaspintar.id/blog/edutech/jenis-metode-penelitian-2566/

http://www.penelitianilmiah.com/macam-penelitian-kuantitatif/

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai